Penyuluhan Hukum Pertanahan Kelurahan Argomulyo

Pendaftaran peralihan hak atas tanah karena pewarisan, tidak menjadikan warga segera melakukan pendaftaran tanah karena sangat kurangnya sosialisasi atau penyuluhan hukum khususnya hukum pertanahan kepada masyarakat Kota Salatiga .
Situasi semacam ini yang mendorong Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Salatiga untuk menyelenggarakan Penyuluhan Hukum Pertanahan
Maka diadakanlah Penyuluhan hukum untuk masyarakat Kecamatan Argomulyo pada hari kamis tanggal 3 Mei 2018. Yang dihadiri oleh 40 peserta terdiri dari LPMK, ketua Rukun Warga (RW) dan Ketua Rukun Tetangga.

Tujuan Penyuluhan Hukum hukum Pertanahan adalah :
1. Untuk meningkatkan pengetahuan hukum pertanahan kepada masyarakat
2. Untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat tentang mekanisme administrasi pertanahan.
3. Memberikan pemahaman tentang jenis jenis permasalahan dan cara penyelesaiannya.

Secara Umum kondisi Aparat Pemerintah baik Pemerintah Kota dan Kantor Pertanahan Kota Salatiga dalam hal ini Lurah sudah memberikan upaya atau program agar masyarakat khususnya diwilayah masing masing bersedia mendaftarkan hak atas tanahnya, namun pada kenyataannya banyak masyarakat yang mengabaikan hal ini. Sebagaimana pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh aparat pemerintah pada umumnya, pendaftaran tanah sangat dimungkinkan adanya hambatan-hambatan. Berdasarkan uraian di atas maka Pendaftaran Hak atas Tanah hingga saat ini masih menjadi bahan yang menarik untuk disosialisasikan.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Salatiga, Nomor : 591/580/405/2018 tanggal: 19 April 2018 pada Kegiatan Penyuluhan Hukum Pertanahan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Salatiga Tahun Anggaran 2018 tanggal, 12 April 2018 ditunjuk Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, yaitu : GUNADI,SE selaku Ka. Sie. Pengawasan dan Pengendalian Pertanahan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Salatiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *